skip to main |
skip to sidebar
Blog
Diposting oleh
MUHAMMAD FADLI
Faktor-faktor
yang memengaruhi perilaku konsumen
Menurut Kotler
(2002:172-188) ada empat faktor utama yang dapat memengaruhi konsumen dalam
perilaku pembeliannya, yaitu:1.Faktor Budaya (Cultural Factor); 2.Faktor
Sosial(Social Factor); 3.Faktor Pribadi (Personal Factor); dan 4.Faktor
Psikologis. Berikut uraian dari masing-masing faktor.
1.Faktor Budaya (Cultural
Factor)
Faktor budaya
merupakan faktor utam yang memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap
perilaku konsumen. Peranan yang diperankan oleh konsumen dalam mengambil
keputusan untuk melakukan pembelian sangat ditentukan oleh.
a.Budaya
(Culture)
Dimana budaya
adalah suatu hal sangat mendasar yang dapat mengaruhi keinginan dan perilaku
seseorang. Dalam hal ini, budaya dan kebiasaan yang ada dalam lingkungan suatu
negara akan persepi seseorang terhadap suatu hal, sertaperilaku yang terbentuk
dalam diri seseorang yang berangkat dari institusi yang terkecil yaitu
keluarga.
b.Sub Budaya (Subculture)
Setiap budaya
yang ada disetiap negara atau wilayah tertentu, terdapat sub-sub budaya yang
lebih spesifik yang pada akhirnya dapat mencerminkan perilaku social dan
identitas masing-masing anggotanya. Sub budaya meliputi kewarganegaraan, agama,
suku bangsa, ernis, serta letak geografis.
c.Kelas Sosial atau
Tingkatan Sosial (Sosial Class)
mencerminkan
kedudukan atau tingkatan dimana seseorang dipandang atau memandang orang lain
sesuai dengan keberadaannya dalam suatu komunitas masyarakat tertentu yang
biasanya dapat dibedakan dari tingkat pendapatan seseorang, latar belakang
pendidikan, pekerjaan, dan daerah tempat tinggalnya, selain itu cara
berpakaian, berbicara, dan banyak karakteristik lain.
2.Faktor Sosial (Social
Factor)
a.Kelompok Referensi
(Reference Group)
Kelompok
referensi adalah suatu kelompok yang terdiri dari orang-orang yang memiliki
pengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap sikap perilaku
seseorang.
b.Keluarga (Family)
Dalam hal ini
keluarga yang meliputi orang tua, suami, istri, dan anak adalah institusi yang
paling kuat memengaruhi seseorang dalam hal melakukan keputusan pembelian
terhadap suatu kelompok atau jasa.
Gary amstrong
yang disitasi oleh sutojo (2009:61) menyatakan berbagai riset pemasaran yang
dilakukan oleh perusahaan besar dan lembaga pendidikan dibanyak Negara
membuktikan bahwa keluarga merupakan kelompok social yang penting peranya dalam
pengambilan keputusan pembelian berbagai jenis produk.
c.Peran dan Status (Roles
and Statuse)
Dalam hal ini peranan
seseorang baik dalam keluarga maupun dalam organisasi dimana seseorang itu
bekerja atau menjalankan aktifitas sehari-hari akan menunjukkan status yang
disandangnya.
3.Faktor Pribadi (Personal
Factor)
Keputusan yang
diambil oleh konsumen untuk melakukan pembelian juga dipengaruhi oleh
karakteristik pribadi masing-masing individu, seperti tingkat usia dan
tingkatan dalam keluarga, pekerjaan, situasi ekonomi gaya hidup, serta
kepribadian dan cara pandang terhadap seseorang terhadap diri sendiri.
4.Faktor Psikologis
Perilaku
pembelian sebelum menentukan pilihan pada produk atau jasa yang akan dibelinya,
dipengaruhi oleh empat faktor psikologis yang paling utama yaitu: motivasi;
persepsi; pemahaman terhadap suatu hal; serta faktor kepercayaan dan sikap terhadap
suatu hal.
Pilihan
pembelian seseorang merupakan hasil dari suatu proses komplek yang saling
memengaruhi dari faktor-faktor budaya, social, pribadi, dan psikologis. Banyak
dari faktor-faktor ini tidak dapat dipengaruhi oleh pemasar. Namun demikian, faktor-faktor
ini berguna dalam mengidentifikasikan para pembeli yang mungkin memiliki minat
paling besar terhadap suatu produk. Faktor-faktor lain mungkin dapat
dipengaruhi oleh pemasar seperti produk, harga, penempatan, dan promosi untuk
dapat menarik tanggapan yang kuat dari konsumen.
Jadi hal - hal yang mempengaruhi saya dalam membeli suatu barang atau produk ialah :
1. Kebutuhan
Apakah barang yang saya beli ini sesuai atau tidak dengan kebutuhan saya, jika tidak maka saya tidak akan membeli barang atau produk tersebut.
2. Finansial ( keuangan )
Dalam segi keuangan ini saya lebih mempertimbangkan mana barang yang saya butuhkan terlebih dahulu serta barang - barang yang menjadi prioritas dalam membeli untuk saya adalah barang yang sesuai dengan kebutuhan saya, serta mengenyampingkan barang yang tidak jadi prioritas tetapi saya ingin membelinya.