Pengertian
iklan
Courtland
L. Bovee : " Iklan adalah komunikasi nonpersonal informasi biasanya
dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh
sponsor diidentifikasi melalui berbagai media." (Bovee, 1992, hal 7.).
Pengertian
Iklan Menurut : Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai bentuk
penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu
sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
Pengertian
Iklan Menurut Rhenald Kasali (1992:21), secara sederhana iklan didefinisikan
sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat
lewat suatu media.
Pengertian
Iklan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : “Berita atau pesan untuk
mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang
ditawarkan.”
Fungsi Iklan
•
Informing, adanya iklan membuat konsumen sadar (aware) akan merek-merek baru,
mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta menfasilitasi
penciptaan citra merek yang positif.
•
Persuading, iklan yang efektif akan mampu mempersuasi (membujuk) pelanggan
untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.
•
Reminding, iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para
konsumen.
•
Adding value, periklanan memberi nilai tambah pada merek dengan mempengaruhi
persepsi konsumen
Peran
iklan
•
Membangun awareness konsumen
•
Mereposisi merek dengan merubah persepsi atau perilaku
Pada tahun 2012 lalu Bank BRI
mengadakan yang bertajuk UNTUNG BELIUNG BRITAMA undian ini menghadiahkan 4
Grand prize Range Rover Sport, 4 Grand prize Range Rover Sport, 48 Toyota
Alphard, 200 Batang emas 200 gram,
Selain
hadiah utama tersebut, ada hadiah tambahan dari e-Banking BRI berupa Honda Jazz
RS A/T, Vespa Piaggio LX150ie, serta ratusan iPhone 4S dan Samsung Galaxy
SIII. Inilah yang dimaksud memperbesar kesempatan
nasabah untuk menang. Jadi selain meningkatkan saldo tabungan, poin nasabah
akan berlimpah dengan melakukan registrasi dan memperbanyak transaksi e-Banking
BRI. Jumlah poin e-Banking lebih diperbesar bila nasabah bertransaksi di
hari-hari weekend. Inilah bukti BANK BRI memahami kebiasaan nasabah yang kerap
membutuhkan fitur e-Banking terutama saat weekend.
Dengan memanfaatkan fitur e-Banking
yang nyaman, kini nasabah tak perlu takut terlewat jatuh tempo pembayaran
tagihan rutin (PLN, telepon, kartu kredit, dll). Atau bisa juga dipakai untuk
membeli pulsa pra-bayar, tiket pesawat hingga transfer dana ke bank lain kapan
pun-di mana pun, selama 24 jam non-stop. Undian ini disebarluaskan di semua
media iklan mulai dari telivisi, radio, koran, majalah,dan lain – lain. Dalam pengundian
ini ada hal yang janggal ketika pemberitaan pemenang undian, dimana cara
mendapatkan point untuk memenangkan undian tersebut sulit untuk didapatkan,
serta yang mendapatkan keseluruhan Grand prize dari undian tersebut mayoritas
pengusaha yang sering melakukan transaksi di e-Banking serta transaksi langsung
dalam jumlah besar, hal inilah yang menjadikan tanda tanya bagi para nasabah BRI
lainya mengapa yang memenangkan undian tersebut umumnya dimenangkan oleh para
pengusaha yang notabene sudah tidak membutuhkan lagi Grand prize dari undian
tersebut.
Analisis
Dalam kaitannya dengan etika bisnis
Bank BRI selaku yang mengadakan undian haruslah lebih selektif lagi untuk
penilaiannya terhadap pemenang undian, tidak ada keistimewaan yang diberikan
bagi para nasabah yang memiliki tabungan lebih dai 1 milyar, atau para
pengusaha yang melakukan transaksi dalam jumlah besar. Sehingga bagi nasabah
yang melakukan transaksi kecil atau dibawah 100 juta memiliki kesempatan untuk
memenangkan undian tersebut. Serta sulitnya mendapatkan point untuk undian
tersebut, dengan adanya hal tersebut tingkat kepercayaan nasabah kepada Bank
BRI lebih meningkat dan loyal dalam melakukan transaksi apapun.