About Fadli

Nama : Muhammad Fadli

Kelas : 1EA10

NPM : 14211809

Chat Box

Blog

HUBUNGAN ETIKA BISNIS DENGAN PERIKLANAN



Pengertian iklan
Courtland L. Bovee : " Iklan adalah komunikasi nonpersonal informasi biasanya dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor diidentifikasi melalui berbagai media." (Bovee, 1992, hal 7.).
Pengertian Iklan Menurut : Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
Pengertian Iklan Menurut Rhenald Kasali (1992:21), secara sederhana iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media.
Pengertian Iklan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : “Berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.”

Fungsi Iklan
• Informing, adanya iklan membuat konsumen sadar (aware) akan merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta menfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
• Persuading, iklan yang efektif akan mampu mempersuasi (membujuk) pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.
• Reminding, iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen.
• Adding value, periklanan memberi nilai tambah pada merek dengan mempengaruhi persepsi konsumen
Peran iklan
• Membangun awareness konsumen
• Mereposisi merek dengan merubah persepsi atau perilaku

            Pada tahun 2012 lalu Bank BRI mengadakan yang bertajuk UNTUNG BELIUNG BRITAMA undian ini menghadiahkan 4 Grand prize Range Rover Sport, 4 Grand prize Range Rover Sport, 48 Toyota Alphard, 200  Batang emas 200 gram, Selain hadiah utama tersebut, ada hadiah tambahan dari e-Banking BRI berupa Honda Jazz RS A/T, Vespa Piaggio LX150ie, serta ratusan iPhone 4S dan Samsung Galaxy SIII.  Inilah yang dimaksud memperbesar kesempatan nasabah untuk menang. Jadi selain meningkatkan saldo tabungan, poin nasabah akan berlimpah dengan melakukan registrasi dan memperbanyak transaksi e-Banking BRI. Jumlah poin e-Banking lebih diperbesar bila nasabah bertransaksi di hari-hari weekend. Inilah bukti BANK BRI memahami kebiasaan nasabah yang kerap membutuhkan fitur e-Banking terutama saat weekend.
            Dengan memanfaatkan fitur e-Banking yang nyaman, kini nasabah tak perlu takut terlewat jatuh tempo pembayaran tagihan rutin (PLN, telepon, kartu kredit, dll). Atau bisa juga dipakai untuk membeli pulsa pra-bayar, tiket pesawat hingga transfer dana ke bank lain kapan pun-di mana pun, selama 24 jam non-stop. Undian ini disebarluaskan di semua media iklan mulai dari telivisi, radio, koran, majalah,dan lain – lain. Dalam pengundian ini ada hal yang janggal ketika pemberitaan pemenang undian, dimana cara mendapatkan point untuk memenangkan undian tersebut sulit untuk didapatkan, serta yang mendapatkan keseluruhan Grand prize dari undian tersebut mayoritas pengusaha yang sering melakukan transaksi di e-Banking serta transaksi langsung dalam jumlah besar, hal inilah yang menjadikan tanda tanya bagi para nasabah BRI lainya mengapa yang memenangkan undian tersebut umumnya dimenangkan oleh para pengusaha yang notabene sudah tidak membutuhkan lagi Grand prize dari undian tersebut.
Analisis
            Dalam kaitannya dengan etika bisnis Bank BRI selaku yang mengadakan undian haruslah lebih selektif lagi untuk penilaiannya terhadap pemenang undian, tidak ada keistimewaan yang diberikan bagi para nasabah yang memiliki tabungan lebih dai 1 milyar, atau para pengusaha yang melakukan transaksi dalam jumlah besar. Sehingga bagi nasabah yang melakukan transaksi kecil atau dibawah 100 juta memiliki kesempatan untuk memenangkan undian tersebut. Serta sulitnya mendapatkan point untuk undian tersebut, dengan adanya hal tersebut tingkat kepercayaan nasabah kepada Bank BRI lebih meningkat dan loyal dalam melakukan transaksi apapun.

MUHAMMAD FADLI Design by Warung Danu © 1992