About Fadli

Nama : Muhammad Fadli

Kelas : 1EA10

NPM : 14211809

Chat Box

Blog

Pengaruh dan alasan dalam memutuskan membeli suatu produk



Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen

Menurut Kotler (2002:172-188) ada empat faktor utama yang dapat memengaruhi konsumen dalam perilaku pembeliannya, yaitu:1.Faktor Budaya (Cultural Factor); 2.Faktor Sosial(Social Factor); 3.Faktor Pribadi (Personal Factor); dan 4.Faktor Psikologis. Berikut uraian dari masing-masing faktor.

1.Faktor Budaya (Cultural Factor)

Faktor budaya merupakan faktor utam yang memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku konsumen. Peranan yang diperankan oleh konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian sangat ditentukan oleh.

a.Budaya (Culture)          

Dimana budaya adalah suatu hal sangat mendasar yang dapat mengaruhi keinginan dan perilaku seseorang. Dalam hal ini, budaya dan kebiasaan yang ada dalam lingkungan suatu negara akan persepi seseorang terhadap suatu hal, sertaperilaku yang terbentuk dalam diri seseorang yang berangkat dari institusi yang terkecil yaitu keluarga.

b.Sub Budaya (Subculture)

Setiap budaya yang ada disetiap negara atau wilayah tertentu, terdapat sub-sub budaya yang lebih spesifik yang pada akhirnya dapat mencerminkan perilaku social dan identitas masing-masing anggotanya. Sub budaya meliputi kewarganegaraan, agama, suku bangsa, ernis, serta letak geografis.

c.Kelas Sosial atau Tingkatan Sosial (Sosial Class)

mencerminkan kedudukan atau tingkatan dimana seseorang dipandang atau memandang orang lain sesuai dengan keberadaannya dalam suatu komunitas masyarakat tertentu yang biasanya dapat dibedakan dari tingkat pendapatan seseorang, latar belakang pendidikan, pekerjaan, dan daerah tempat tinggalnya, selain itu cara berpakaian, berbicara, dan banyak karakteristik lain.

2.Faktor Sosial (Social Factor)

a.Kelompok Referensi (Reference Group)

Kelompok referensi adalah suatu kelompok yang terdiri dari orang-orang yang memiliki pengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap sikap perilaku seseorang.

b.Keluarga (Family)

Dalam hal ini keluarga yang meliputi orang tua, suami, istri, dan anak adalah institusi yang paling kuat memengaruhi seseorang dalam hal melakukan keputusan pembelian terhadap suatu kelompok atau jasa.

Gary amstrong yang disitasi oleh sutojo (2009:61) menyatakan berbagai riset pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan besar dan lembaga pendidikan dibanyak Negara membuktikan bahwa keluarga merupakan kelompok social yang penting peranya dalam pengambilan keputusan pembelian berbagai jenis produk.

c.Peran dan Status (Roles and Statuse)

Dalam hal ini peranan seseorang baik dalam keluarga maupun dalam organisasi dimana seseorang itu bekerja atau menjalankan aktifitas sehari-hari akan menunjukkan status yang disandangnya.

3.Faktor Pribadi (Personal Factor)

Keputusan yang diambil oleh konsumen untuk melakukan pembelian juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi masing-masing individu, seperti tingkat usia dan tingkatan dalam keluarga, pekerjaan, situasi ekonomi gaya hidup, serta kepribadian dan cara pandang terhadap seseorang terhadap diri sendiri.

4.Faktor Psikologis

Perilaku pembelian sebelum menentukan pilihan pada produk atau jasa yang akan dibelinya, dipengaruhi oleh empat faktor psikologis yang paling utama yaitu: motivasi; persepsi; pemahaman terhadap suatu hal; serta faktor kepercayaan dan sikap terhadap suatu hal.



Pilihan pembelian seseorang merupakan hasil dari suatu proses komplek yang saling memengaruhi dari faktor-faktor budaya, social, pribadi, dan psikologis. Banyak dari faktor-faktor ini tidak dapat dipengaruhi oleh pemasar. Namun demikian, faktor-faktor ini berguna dalam mengidentifikasikan para pembeli yang mungkin memiliki minat paling besar terhadap suatu produk. Faktor-faktor lain mungkin dapat dipengaruhi oleh pemasar seperti produk, harga, penempatan, dan promosi untuk dapat menarik tanggapan yang kuat dari konsumen.

Jadi hal - hal yang mempengaruhi saya dalam membeli suatu barang atau produk ialah :

1. Kebutuhan 

Apakah barang yang saya beli ini sesuai atau tidak dengan kebutuhan saya, jika tidak maka saya tidak akan membeli barang atau produk tersebut.

2.  Finansial ( keuangan )

Dalam segi keuangan ini saya lebih mempertimbangkan mana barang yang saya butuhkan terlebih dahulu serta barang - barang yang menjadi prioritas dalam membeli untuk saya adalah  barang yang sesuai dengan kebutuhan saya, serta mengenyampingkan barang yang tidak jadi prioritas tetapi saya ingin membelinya.

 

 


 


MUHAMMAD FADLI Design by Warung Danu © 1992